~ Lembaran Caramel v.3? ~


Kamu yakin mau baca semua omong kosong ini? Sebaiknya sih jangan, karena hanya akan membuang waktumu saja! Namun kalau kamu masih bersikukuh mau membacanya, aku tidak bisa mencegahmu. ~

Kalau kamu masih tetap membaca sampai sini, berarti kamu memang kepengin tahu "dalaman" dari Lembaran Caramel v.3. Baiklah, akan kujelaskan sebisaku.

Mengapa dinamai Lembaran Caramel?

Entah, tidak ada alasan khusus sih. Belakangan ini, aku juga baru memikirkan jawaban dari pertanyaan ini, apa ada Caramel yang berbentuk lembaran?

Mengapa Lembaran Caramel menggunakan OctoberCMS, tidak Wordpress atau Blogspot?

Ada banyak alasan sih. Dari segi teknis misalnya, OctoberCMS bisa beroperasi dengan SQLite. Sementara Wordpress harus dioperasikan dengan MySQL/MariaDB. SQLite lebih ringan untuk database berukuran kecil, sementara MySQL/MariaDB memang lebih tangguh untuk database berukuran besar. Nah, karena database Lembaran Caramel kecil, SQLite jadi pilihan terbaik. Blogspot? Aku tidak tahu bagaimana dalamannya Blogspot.

Selain itu, OctoberCMS juga dibuat dengan Laravel, salah satu PHP Framework favoritku. Karena aku sudah cukup familiar dengan Laravel, aku jadi mudah beradaptasi dengan OctoberCMS.

Kalau boleh jujur, aku pernah berpikir untuk membuat CMS sendiri untuk Lembaran Caramel, alih-alih menggunakan OctoberCMS. Seperti Sorairo yang sudah dan sedang mengembangkan CMSnya sendiri. Tapi, ah ... Lebih baik pakai yang sudah ada saja. Lagipula, membuat sesuatu itu, butuh waktu. Bukankah lebih baik aku fokus menyelesaikan urusan yang lainnya. Apalagi banyak garapan yang macet karena diriku. ^^

v3 ... Cuma ganti tema?

Ah, gak juga ... Tapi memang, perubahan terbesar dan yang paling terlihat itu ya temanya. Tema (atau dari segi teknisnya biasa disebut Frontend) sebelumnya memakai Materialize yang memimik tampilan web menyerupai tampilan ponsel Android. Nah, tema yang saat ini memakai Now UI Kit (kompatibel dengan Bootstrap 4). Kenapa ya aku pilih tema ini? Ah, entahlah. Karena suka saja, dan terlihat lebih bersih dibanding yang sebelumnya. Lagipula, kalau dilihat sekilas, konsep dari tampilannya tidak banyak yang berubah, 'kan?

Selain ganti tema, penggunaan kategori (mungkin kamu tidak melihatnya secara kasat mata) juga dirapikan. Beberapa kategori yang dianggap rancu dan membingungkan dihapus. Mungkin kamu bertanya, gunanya kategori apa? (Kalau kamu tidak bertanya juga, tidak apa-apa sih -.-) Sebenarnya, semua garapan, rilisan terbaru, pv, curhat / tetesan air mata itu merupakan "post." Nah, agar masing-masing "post" tersebut diperlakukan secara berbeda, dibuatlah kategori. Selain itu, kalau kamu lihat di laman "Garapan", ada penanda kalau garapan sedang macet atau tidak. Nah itu juga memanfaatkan kategori.

Yap, laman untuk curhat juga merupakan fitur baru di v3. Jadi, staf Caramel yang kepengin curhat, bisa curhat di sini. Selain itu, setiap PV yang pernah dan akan kami post di akun fanspage facebook, akan dipost lagi di sini. Jadi kalau kamu pengin menontonnya lagi, kamu 'gak perlu menyelam sampai kedalaman puluhan hingga ratusan kali scroll di facebook, cukup beberapa kali klik di sini.

Tetesan Air Mata?

Pas aku lagi menulis ini, aku sedang mendengar "Utautainouta" (Kano). Salah satu bagian liriknya, "namida ochiru." Nah, makanya aku mengganti kata "Curhat" dengan "Tetesan Air Mata." 'Gak penting, 'kan? :d

Pertanyaan lain?

Kalau ada yang pengin kamu tanyakan, komentar saja di bawah. Aku akan balas kalau "kebetulan" membacanya. ~

Perbaikan di v.3.1? (27 Nov 2017)

Tidak ada gading yang tak retak. Begitu kata pepatah. Ada beberapa bugs yang ditemukan pada di v.3 dan beberapa diantaranya telah diperbaiki. Terima kasih buat Om Tenma Guardian White atas laporan (dan desakannya) :)

Rincian perbaikan :

  • Pagination pada laman garapan tidak berfungsi. Sekarang telah berfungsi dengan benar.
  • Hapus saja deh, hal-hal yang 'gak penting, ahaha :p
  • Fitur yang paling ditunggu-tunggu, pencarian! :)

- Ditulis oleh littleflower pada Aug 06, 2017